Cinta Pertanian

Do More, Do the Best, Make Changes

Bunga Jagung (Jantan/Betina) dan Bunga Banci (Hermaprodit)

March4

Pernah tanam jagung? Atau pernah lihat tanaman jagung? Beberapa orang mungkin tahu ada tanaman jagung setelah melihat jagung tersebut berbuah, tapi bagi anak pertanian atau yang berminat dengan pertanian tentu harus sedikit lebih jeli dengan fenomena-fenomena ini.

Tahukah kalau bunga jagung itu ada 2 yaitu jantan dan betina? hhehe, harusnya tahu dunk.. karena jagung merupakan salah satu tanaman monokotil yang berumah dua. Nah, yang unik adalah bunga betina jagung ini berubah warna setelah diserbuki oleh bunga jantan. Lihat digambar ini, gambar atas adalah gambar bunga betina yang belum diserbuki, sedangkan gambar bawah adalah gambar bunga jantan yang telah diserbuki. Warnanya mula-mula hijau kemudian berubah jadi merah setelah diserbuki. Sedangkan gambar bunga jantan-nya yang atas ini sebelum serbuk sarinya pecah, sedangkan yang bawah serbuk sarinya telah pecah.

bunga jagung lengkap

Selanjutnya adalah fenomena yang sangat jarang di lapang, tapi sering ditemui saat pengamatan tanaman jagung hasil mutasi atau galur-galur yang belum stabil, yaitu adanya bunga banci atau hermaprodit. Pada gambar dibawah ini bunga jantan dan bunga betina jagung menyatu terletak di bagian atas tanaman, lebih tepatnya dirumah bunga jantan.

bunga banci lengkap

Gambar-gambar ini saya peroleh sewaktu membantu pengamatan penelitian tanaman jagung transgenik hasil proyek dosen di Semplak, Bogor.

posted under Research
One Comment to

“Bunga Jagung (Jantan/Betina) dan Bunga Banci (Hermaprodit)”

  1. On March 23rd, 2014 at 8:52 am danang Says:

    sip

Email will not be published

Website example

Your Comment: